Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau ke Perguruan Tinggi Negeri. Penting untuk mengetahui daftar PTN yang membuka pendaftaran SPMB 2023 agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dari sekarang. Lantas, apa saja syarat pendaftaran SPMB dan biayanya?

Seperti diketahui, ketika memasuki ajaran baru seluruh universitas atau perguruan tinggi membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru, baik perguruan tinggi yang dikelola oleh swasta maupun perguruan tinggi negeri. Namun, terkadang ada saja calon mahasiswa yang tidak mengetahui informasi SPMB ini.

Dengan begitu, calon mahasiswa yang telat mendaftar atau tidak lolos seleksi masih bisa melakukan pendaftaran di tahun ajaran berikutnya. Namun, sebelum membahas tentang daftar PTN yang membuka pendaftaran SPMB 2023. Yuk, ketahui terlebih dahulu apa sih sebenarnya SPMB ini? Berikut penjelasannya.

Sekilas Tentang SPMB

SPMB adalah singkatan dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru, yang merupakan jalur seleksi mandiri diadakan secara serentak oleh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Tujuannya untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin berkuliah di perguruan tinggi favoritnya.

Setiap lulusan baru dari SMA atau SMK dan sederajat, kemudian ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi maka harus melalui tahap seleksi terlebih dahulu. Seleksi calon mahasiswa baru ini diadakan setiap ajaran baru dengan jadwal seleksi sudah ditentukan oleh pihak kampus. 

SPMB memang menjadi jalur alternatif bagi siapa saja yang ingin melanjutkan pendidikan ke bangku perkuliahan. Tak heran, ketika perguruan tinggi mengumumkan SPMB banyak yang berbondong-bondong melakukan pendaftaran lebih awal. Untuk mengantisipasi ketika tidak diterima, maka bisa daftar di perguruan tinggi lainnya.

Syarat Pendaftaran SPMB

Ada beberapa hal yang Anda ketahui ketika ingin melakukan pendaftaran di kampus pilihan Anda, salah satunya adalah harus mengetahui persyaratan untuk mendaftar SPMB. Syarat pendaftaran SPMB di PTN biasanya tiap kampus berbeda-beda sesuai dengan ketentuan masing-masing universitas.

Jika Anda ingin mengetahui syarat pendaftaran SPMB di suatu kampus perguruan tinggi negeri, maka bisa mengecek langsung website resmi universitas terkait. Biasanya di halaman website ini terdapat informasi lengkap mengenai persyaratan, biaya hingga jadwal seleksi.

Jadi, bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi negeri lebih awal. Anda Bisa mencari informasi daftar PTN yang membuka pendaftaran SPMB 2023. Dengan begitu, Anda bisa mempersiapkan semua persyaratan yang diminta. Lalu, apakah saat ini sudah ada PTN yang membuka SPMB? Berikut informasinya.

Daftar PTN Membuka Pendaftaran SPMB 2023

Perlu diketahui, pendaftaran SPMB di kampus Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ajaran 2023/2024 saat ini belum dibuka. Adapun pendaftaran SPMB di PTN tahun 2022/2023 sudah berlangsung di setiap universitas dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Jika Anda ketinggalan informasi pendaftaran SPMB tahun 2022/2023 dan telat melakukan pendaftaran, maka bisa melakukan pendaftaran kembali di tahun ajaran berikutnya yakni SPMB tahun 2023/2024, Biasanya seleksi penerimaan calon mahasiswa ini dibuka pada awal tahun hingga pertengahan tahun.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari informasi pendaftaran SPMB tahun 2023/2024 saat ini memang belum dibuka di setiap universitas di Indonesia. Anda bisa menunggu pendaftaran SPMB ini dibuka tahun depan. Jika tidak ingin ketinggalan informasinya, silahkan Anda bisa mengecek website resmi universitas tujuan secara rutin.

Cara melakukan Pendaftaran SPMB di PTN

Jika Anda sudah menemukan universitas yang membuka pendaftaran SPMB tahun ajaran 2023/2024, maka bisa segera melakukan pendaftaran dengan menyiapkan persyaratan yang sudah ditentukan masing-masing universitas. Biasanya pendaftaran SPMB bisa idul ajakan secara online sehingga tidak perlu datang ke kampung terkait.

Adapun cara melakukan pendaftaran SPMB yakni cukup dengan membuka halaman website universitas yang Anda tuju, kemudian mengikuti semua petunjuk yang diberikan atau tertera pada halaman website informasi SPMB tahun 2023. Sementara itu, untuk tempat ujian atau tes SPMB dilakukan di wilayah terdekat dengan tempat tinggal.

Demikian informasi seputar syarat dan cara daftar SPMB, serta informasi terkait dengan daftar PTN yang membuka pendaftaran SPMB 2023. Jika Anda membutuhkan informasi SPMB tahun 2023, silahkan cek website universitas masing-masing secara rutin.


Like it? Share with your friends!

0
Josua Sarajar

Komentar